Ada beberapa
ahli yang terpercaya yang sudah mendefinisikan pengertian dari administrasi,
simak ulasannya dibawah ini:
1.
Soewarno
Handayaningrat
Mengungkapkan
bahwa administrasi adalah kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai
kegiatan seperti pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya
dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dala arti
yang sempit, menurutnya administrasi merupakan kegiatan catat mencatat atau
pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.
2.
.H. Evans
Administrasi
merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap
operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan
juga ingatan organisasi.
3.
Ulbert
Menurutnya
administrasi ini merupakan istilah lain dari tata usaha dimana sebagian
penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis baik internal
atau eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam
memperoleh data baik sebagian maupun secara menyeluruh.
4. George Terry
Mengemukakan
bahwa administrasi merupakan sebuah proses perencanaan, pengendalian,
pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya
untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
5. William Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi
merupakan salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai pelaksanaan pekerjaan
kantoran secara efesien, dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.
6. Arthur Grager
Administrasi
merupakan fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan pelayanan dalam
sebuah organisasi.
7. Sondang Siagian
Administrasi ialah
keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan
pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
8. The Liang Gie
Administrasi
merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok berkenaan dengan
hubungan kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.
B.
Pekerjaan Administrasi
Berdasarkan pengertian administrasi
diatas maka pekerjaan admnistrasi dapat diartikan sebagai pekerjaan
tulis-menulis atau ketatausahaan/kesekretarisan. Pekerjaan ini berkaitan dengan
kegiatan menerima, mencatat, menghimpun, mengolah, menggandakan, mengirim,
menyimpan dan sebagainya. Jadi pekerjaan administrasi dapat dikelompokkan
menjadi berikut.
1)
Korespondensi atau surat-menyurat
yaitu rangkaian aktivitas yang berkenaan dengan pengiriman informasi secara
tertulis mulai dari penyusunan, penulisan sampai dengan pengiriman informasi
hinggan sampai kepada pihak yang dituju.
2)
Ekspedisi yaitu aktivitas mencatat
setiap informasi yang dikirm atau diterima.
3)
Pengarsipan yaitu proses
pengaturan dan penyimpanan informasi secara sistematis sehingga dapat dengan
mudah dan cepat ditemukan setiap diperlukan.
C. Personil
Administrasi
Secara institusional administrasi
itu merupakan personil-personil baik individu maupun sekelompok individu. Oleh
karena itu, personil-personil administrasi dalam sebuah organisasi antara lain
sebagai berikut.
1)
Administrator yaitu individu yang
menetapkan semua ketentuan institusional yang ingin dicapai pada semua kegiatan
yang dilaksanakan.
2)
Manajer yaitu individu yang
memimpin dan menggerakkan secara langsung sumber daya manusia, uang, mesin,
metode, maupun peralatan yang mendukung dan sebagainya.
3)
Staff/asisten yaitu individu yang
memiliki keahlian karena harus menyumbangkan pemikiran dan sebagai penasehat
untuk membantu administrator dan manajer
dalam membuat kebijaksanaan pada kegiatan institusional.
4)
Worker atau pekerja yaitu individu
yang langsung melakukan pekerjaan atas perintah manajer untuk menghaasilkan apa
yang menjadi tujuan organisasi atau institusi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar